1 Juni : Hari Lahir Pancasila

Assalamualaikum Wr. Wb
Salam Pramuka!!
Prasbhara Jaya..!!

Tanggal 1 Juni disetiap tahunnya kita peringati sebagai hari lahirnya pancasila. Dimana pada hari ini Bung Karno menyampaikan pidato dengan judul Lahirnya Pancasila. Pada 1 Juni 1964 Sukarno menuntut diadakannya acara peringatan lahirnya Pancasila. Hal ini karena beberapa orang mulai menyelewengkan Pancasila dimana saat itu tepat 19 tahun ulang tahun pancasila.

Hari itu diperingati sebagai Hari Lahirnya Pancasila dan untuk pertama kalinya diadakan dengan upacara kenegaraan di Istana Merdeka dengan slogan Pancasila Sepanjang Masa. Dikemudian hari setiap tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila. Dan Bung Karno terakhir memperingati Hari Lahirnya Pancasila pada tanggal 1 Juni 1966.

Setelah itu, rezim Orde Baru pada 17 September 1966 menetapkan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Hal teraebut untuk memperingati keberhasilan Sugarto menggagalkan upaya kudeta 1965. Suharto semoat memperingati Hari Lahir Pncasila pda tahun 1967 dan 1968. Namun, sebagai upaya penghapusan warusan Sukarno, melalui Kopkamtib (Komando Operasi Pemulihan Keamanan dan Ketertiban) melarang peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni mulai tahun 1970. 


Kemudian pada 1 Juni 2016, Presiden Joko Wudodo menandatangani Keputusan Presiden No. 24 Tahun 2016 di mana menetapkan 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila. Mulai tahun 2017, setiap 1 Juni ditetapkan sebagai hari libur nasional untuk memperingati Hari Lahir Pancasila.

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts